Remaja Menulis

Posted by







_____________________________________________________________________________

Tadi pagi adalah hari pertama aku mengajar menulis di lembaga ini. Pesertanya ada 5 siswi SMP dan satu ustadah. Materi belum kusampaikan, hanya sekedar memberi sedikit wacana tentang kepenulisan kepada mereka.

A. Psikologi

Hal ini selalu menjadi perhatian saya hampir setiap ada kesempatan dekat dengan mahluk hidup, terutama generasi muda.

Pertemuan awal merupakan moment untuk mengenal mereka, mengenal karakter mereka, kepribadian mereka, sikkap mereka, cara berinteraksi mereka, dan semacamnya. Macam-macam, ada yang semangat sekali, ada yang agak malu-malu, ada yang agak cuek, ada yang ngalem.

Langkah selanjutnya, yaitu dengan meminta mereka mengumpulkan hasil karyamereka yang sudah pernah ditulis. Luar biasa, nampakk jelas sekali dari gaya bercerita mereka, tseting tempat yang mereka munculkan, tokoh-tokoh dan benda-benda yang mereka sebutkan dalam cerpen-cerpen mereka menggambarkan siapa mereka?

Menulis, terutama karya sastra, baik yang berbentuk prosa atau puisi, merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang sedang punya masalah, curhat dengan penanya. Menulis karya sastra biasanya dilakuka ketika mereka sedang bersantai, tidak ada kewajiban atau tugas yang menuntut, sehingga konndisi jiwa mereka sedang menjadi diri mereka sendiri. Hal inilah yang membuat tulisan mereka mampu menjelmakan diri mereka padanya.

Sebagai seorang guru, sungguh sangat membantu untuk menemukan metode-metode penngajaran dan pendidikan yang lebih efektif dengan membaca karya tulis mereka. Kalau ada yang jelek, jangan sampai mereka tahu kalau kita tidak sepakat tentang hal tersebut, tetapi carikanlah kegiatan yang bisa membuatnya melupakannya atau beralih pada yang lain, atau buat dia tidak sempat untuk memikirkan hal buruk tersebut karena ada hal lain yang lebih baik untuk mereka pikirkan.

B. Metode

Menulis itu skill. Mereka perlu tahu cara untuk melakukannya. Tetapi, tahu saja itu tidak cukup, mereka harus berlatih. Jadi, metode pengajarannya bukan memberikan materi, tapi dengan meminta mereka menulis dan diarahkan sedikit demi sedikit, poin per poin mengarahkannya; tidak serentak diperbaiki semua.

C. Harapan saya, semoga berhasil









_____________________________________________________________________________ _____________________________________________________________________________

The Real Education Updated at: 17:24

1 comments: